Tuesday, July 13, 2010

Perang Sotosop, Mungkinkah ?

Assalamuallaikum wr.wb

Wah.. Saia kaget! pemberitahuan notifikasi di akun facebook saia selalu penuh. Dan yang saia herankan, isi notifikasi tersebut kebanyakan merupakan pemberitahuan tentang komentar teman - teman yang mengomentari foto-toto yang ditandakan (Tag) oleh teman saia yang lainnya..
Yang lebih parah, isi foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital a.k.a 'sotosop', wajah saia dan teman-teman yang lain. Sotosop merupakan istilah yg iselewengkan dari nama sebuah piranti lunak terpopuler dibidang cropping foto, ya Adobe Photosop! Ya bukan hanya artis yang jadi korban, kami Juga.

Pada awalnya photosop dibuat oleh dua orang Kakak-beradik Thomas dan John Knoll, mereka memulai pengembangan Photoshop di tahun 1987. Versi 1 dirilis oleh Adobe pada tahun (1990). Versi awal Photoshop yang diberi nama "Knoll Software" dirilis sebelum kerjasama dengan Adobe resmi dibuat. Photoshop versi pertama ini berukuran 1.4 MB. Lebih jauh, aplikasi Photoshop 0.63 lengkap dengan manual online dapat disimpan dalam disket dan bahkan masih menyisakan 200kb ''disk space'' bebas.

Thomas Knoll
John Knoll













Kembali ke Sotosop
Terkait benar atau salahnya saling berperang di era kreasi digital, perlu dipertanyakan juga apa pentingnya melakukan hal tersebut bagi kawan-kawan seperjuangan saya di Kelas Broadcast Margonda ini :)

Keinginan Belajar dan Mencoba
Pernah dengerkan jika orang Indonesia itu males belajar dan mencoba sesuatu hal ? Ya..ya..ya.. Itu jadi rahasia umum saja lah, yang terpenting bagaimana kita bisa mengatasi hal tersebut, bukan hanya membahas dan berkata-kata, tapi diperlukan aksi untuk mau belajar dan mencoba! Mungkin setelah melihat dan mengomentari foto-foto tersebut akan timbul keinginan untuk ikut dalam 'peperangan', Dalam kata lain, diperlukan sebuah pemicu untuk mengubah suatu kaum. Pemicu yang muncul dari kaum itu sendiri !
Ayolah, kita sama-sama belajar!

Keinginan untuk Membalas Dendam
 Terkait mengenai isi dari karya visaul yg disotosop yang cenderung menghina, menjelek-jelekkan dan sekedar bercanda meski mungkin bisa dinilai keterlaluan karena ada sotosop. bhakan ada sebuah sotosopan yang agak menyangkut SARA, Suatu hal yang rentan dalam kehidupan bermasyarakat sekarang ini.


Tak ada Sotosop yang sempurna
Tak ada manusia yang sempurna, begitu juga dengan sotosop, Tak ada sotosop yang sempurna, mungkin yang ada yang hampir sempurna, dan itupun juga tak sempurna. tapi mungkin sebaiknya janganlah terlalu sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah. Sotosop buatan manusia, hanya Allah lah yang paling sempurna membentuk dan merekayasa makhluknya. Lagi pula percuma juga, jika sotosopannya sempurna, tapi masih meninggalkan jejak-jejak ketidaksempurnaan semisal metadata.

Perlukah perang?
Geliat emosi dan amarah yang kian membara (lebay) menjadikan para photo editor baik yg profesional maupun yang abal - abal semakin giat ber'sotosop'. Tapi pastilah diperlukan sebuah aturan didalamnya, aturan tertulis maupunyang tidak tertulis, tapi bukannya kita semua memiliki etika, masih ingat tentang etika penyiaran yang dulu kita pelajari bersama? hmm.. mungkin isa diterapkan dalam hal ini.
 perlukah perang? mungkin diperlukan, karena dalam perang sotosop kita sekaligus berkatya,menguji otak kanan yang kadang tidak seimbang.  Jadi matilah perang, tapi jangan lupa gunakan Etika, sekaligus ajak moral anda dalam berkarya.






(..ditulis saat menunggu server BSI  yang hobbynya nge'down' saat pengumuman nilai UAS, sekaligus saia lagi sotosop foto orang juga hahaha.. tapi legal kok.. percaya deh..)

tujuan dibuatnya artikel ini sebenernya untuk
Promosi Dicky RinaldoOnline dan Website Amazing Broadcast TV

No comments:

Post a Comment