Sunday, August 8, 2010

Darimana Datangnya Penari Latar Dalam Film Bollywood ?

India sebuah negara yang terkenal dengan seni perfilmannya yang populer, dikenal dengan nama Bollywood dan mungkin agak sedikit serempetan dari nama Hollywood.

Film India memiliki sebuah ciri khas. Layaknya sebuah film musikal, gerakan tari diiringi lagu terlihat tak pernah absen dalam setiap serial film Bollywood. Gerakan lincah ala Bollywood diiringi suara vokal berbahasa hindi nan merdu. Gerakan tarian pun memiliki satu ciri khas, yakni hadirnya penari latar (dancer) yang cenderung 'keroyokan' atau memiliki banyak penari latar, biasanya berjumlah tak kurang dari 10 orang, hingga mungkin hingga ratusan.Yang unik datangnya para pneari latar cenderung alami, biasanya para penari latar merupakan para peran pembantu yang berubah menjadi para penari saat pemeran utama mulai bernyanyi.

Para penari dan pemeran utama berjejer rapi hingga kadang bersliweran. bergoyang seirama dengan dentuman musik yang juga berciri khas. 

Dulu sekitar tahun 1997, saat film-film India sering muncul di Televisi tanah air, film India melekat erat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. berfilm India dan bermusik dangdut Meggy Z, Muchsin Alatas, Camelia Malik, hngga kuis Dangdut disebuah stasiun televisi berembel-embel Pendidikan.

tapi kini film India pun Bangkit, Shah Rukh Khan dan kawan - kawan kini naik level, ditandai dengan diraihnya Piala Oscar oleh film Slumdog Millionaire menandai kesuksesan India dalam bidang perfilman.

Film, India dengan ciri khas India. Bukan bercirikan beladiri ala China, Canggihnya Senjata Amerika, atau Humanisnya film Eropa. Film India tetaplah India, film dengan lagu dan rentetan penari latar yang bergerak seragam.

Slumdog Millionaire di Ajang Oscar


Di era kini ditandai dengan kemenangan film Slumdog Millionaire di Ajang Oscar kini lebih baik, dan sedikit berubah (sebelumnya saya mengatakan film India tetaplah India), bukan dari cirikhasnya (lagu dan tarian) tapi dari ragam aktor dan setting lokasinya.

Jika dulu film India kental dengan peran para artis India dan uniknya sersan Vijay CS. Kini  kehadiran orang asing maupun setengah asing pun (India campuran) sering ditemukan. tak jarang kehadiran kehadiran wanita berambut pirang (baca: bule) dalam film India pun sudah tak asing lagi.
Setting lokasipun kini tak hanya mengambil dataran India saja, tak jayang sebuah film India berlokasi di negeri Paman Sam. bahkan tak jarang pula sebuah film India mengambil lokasi diberbagai negara, bahakan berbagai benua, Seperti film Bachna Ae Haseeno yang mengambil lokasi di India, Amerika Serikat, Swiss dan Australia.

Wah pokonya fim india kini lebh maju daripada sebelumnya, kalo begiut kapan ya film indonesia bisa diterima layaknya kita menerima film mereka? China sudah.. India pun Sudah.. Nah tinggal Indonesia nih yang tayangan visual kreatifnya belum diterima diajang Oscar. Mungkin anda pelopornya!! atau saya..?? yang psti kita semua bisa, tinggal tunnggu tanggal mainnya, dan kita lihat bagaimana ragam raeksi kagum penduduk dunia. 

Dicky Rinaldo Online - Copyright © 2010



















No comments:

Post a Comment