Friday, October 10, 2008

Ngalepen Dome rumah anti gempa

Masih ingat dengan gempa yang mengguncang Yogyakarta beberapa tahun lalu, gempa itu menyisakan penderitaan dan kehancuran sarana masyarakat, termasuk tempat tinggal mereka.

Asosiasi LSM Sedunia (world association of non goverment organization) membangun sebuah kawasan rumah tahan gempa di Daerah Sleman, tepatnya di Desa Kinaran dan sekitrnya yang disebut "Ngalepen Dome" (katanya dalam bahasa Jawa Ngalepen = Memetik, Inggris Dome = kubah). Masyarakat sekitar menyebut bangunan ini sebagai " Rumah Teletubies" karena bentuknya itu yang mirip.

Rumah - rumah berbentuk kubah ini dihuni oleh masyarakat korban gempa yang rumahnya hancur dengan hanya membeli tanah,
sedangkan biaya pembangunan Free of Charge (gratis), Rumah ini memiliki dua lantai lho.
Disana juga ada Masjid, TK dan Aula yang bentuk bangunannya juga kubah.

Saya berkesempatan kesana karena ikut dalam acara "Mendadak Mudik" yang diajak Pa'de saya waku saya H+3 lebaran main ke rumahnya dan setelah bincang - bincang eh ga taunya mo ke Jogja besok (H+4). alhasil saya pun ikut aja, Jadinya itu Mudik saya pertama kali seumur hidup.








1 comment:

  1. Artikel anda di

    http://rumah-taman.infogue.com/ngalepen_dome_rumah_anti_gempa

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    ReplyDelete